8 Pengertian Promosi menurut Para Ahli beserta Tujuan dari Promosi

8 Pengertian Promosi menurut Para Ahli beserta Tujuan dari Promosi

8 Pengertian Promosi menurut Para Ahli beserta Tujuan dari Promosi – Layaknya yang kami mengetahui, jikalau udah mengerti pengertian promosi, mak akan diketahui tujuan promosi yang sebenarnya. Agar lebih bisa memahaminya, berikut penulis ulas lebih dalam tentang pengertian promosi menurut para ahli dari berbagai sumber.

8 Pengertian Promosi menurut Para Ahli beserta Tujuan dari Promosi

1. Pengertian Promosi Menurut Fandy Tjiptono

Pengertian promosi adalah komunikasi pemasaran yang dikerjakan untuk menyebarkan berita, mempengaruhi, membujuk, atau menaikkan pasar target atas perusahaan dan juga produknya, supaya diterima di masyarakat, membeli dan juga loyal pada product yang ditawarkan oleh perusahaan.

2. Pengertian Promosi Menurut Philip Kotler

Pengertian promosi adalah proses taktik pemasaran, sebagai bentuk komunikasi dengan pasar lewat komposisi marketing mix.

3. Pengertian Promosi Menurut Indriyo Gitosudarmo

Pengertian promosi adalah aktivitas yang dilakukan untuk mempengaruhi calon konsumen, supaya mereka bisa mengenal product yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka, dan lalu mereka suka dan mau membeli product itu.

4. Pengertian Promosi Menurut Basu Swastha Dharmmesta

Pengertian promosi adalah kegiatan yang dilakukan secara satu arah, yang dibuat guna mempengaruhi pihak lain, supaya bisa menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

5. Pengertian Promosi Menurut Louis E. Boone & David L. Kurtz

Pengertian promosi adalah upaya untuk membujuk, memberikan info, dan mempengaruhi ketetapan pembelian.

6. Pengertian Promosi Menurut Harper Boyd

Pengertian promosi adalah upaya dalam membujuk orang untuk menerima product, konsep ataupun gagasan.

7. Pengertian Promosi Menurut Zimmerer

Pengertian promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi, yang dirancang untuk menginformasikan kepada pelanggan mengenai product atau jasa, dan untuk merubah mereka supaya membeli barang atau jasa itu yang mencakup publisitas, penjualan perorangan, dan periklanan.

8. Pengertian Promosi Menurut Rambat Lupiyoadi

Pengertian promosi adalah salah satu variable dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilakukan oleh perusahaan, dalam memasarkan product jasa. Aktivitas promosi bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam aktivitas pembelian atau pemakaian jasa, sesuai dengan keinganan dan kebutuhannya.

Tujuan Promosi dalam Pemasaran

Sebagai tambahan informasi, penulis akan menambahkan penjelasan tentang tujuan promosi di dalam pemasaran di bawah ini:

1. Menaikan Penjualan

Tujuan promosi yang paling utama adalah meningkatkan penjualan. Beberapa taktik berkonsentrasi pada merangsang permintaan utama, meskipun lebih dari satu untuk menstabilkan penjualan.

2. Menstabilkan Penjualan

Tujuan promosi adalah stabilitasi penjualan, perusahaan biasanya mempromosikan konten penjualan selama periode penurunan penjualan, dan memotivasi tenaga penjualan dengan menawarkan hadiah- hadiah seperti liburan, televisi, dan beasiswa kepada mereka yang mendapatkan sasaran khusus.

3. Menonjolkan Nilai Product

Tujuan promosi adalah untuk menonjolkan nilai product, dengan menjelaskan fungsi kepemilikan dari product yang tidak cukup dikenal pembeli.

4. Mengingatkan

Tujuan promosi adalah mengingatkan calon konsumen, bahwa product yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat. Promosi sebagai pengingat, mengingatkan calon konsumen akan tempat yang menjual product perusahaan.

Promosi juga mendukung konsumen untuk tetap mengingat product itu. Promosi juga  mempertahankan  ingatan pertama pembeli, agar tetap jatuh pada product perusahaan itu.

5. Membedakan Suatu Product

Tujuan promosi adalah mendiferensiasikan product atau tujuan jasa perusahaan, dengan product atau jasa pesaing. Dengan promosi, perusahaan akan melatih konsumen untuk bisa membedakan suatu product.

Pemasar berupaya mendapat tempat di dalam benak konsumen. Hal ini dilakukan dengan mengkomunikasikan perbedaan penting tentang atribut, harga, mutu, atau fungsi dari product atau jasa konsumen.

Dan itulah sedikit pengertian promosi menurut para ahli beserta tujuan promosi. Semoga bermanfaat!

Check Also

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli – Di era modern dan digital ini, hampir …