12 Pengertian Musik Menurut Para Ahli

12 Pengertian Musik Menurut Para Ahli

12 Pengertian Musik Menurut Para Ahli – Pertumbuhan seni musik tidak bisa dilepaskan dari pertumbuhan budaya manusia. Hal ini karena musik merupakan salah satu hasil dari budaya manusia di samping pengetahuan ilmu, bahasa, teknologi, dan lain sebagainya. Banyak yang mengartikan tentang seni musik, termasuk pengertian musik menurut para ahli.

Secara umum, seni musik merupakan hasil olahan dari melodi atau bunyi yang berasal dari manusia maupun alat penghasil bunyi, yang kemudian dikombinasikan agar mempunyai nilai keselarasan. Untuk jelas lebih jelasnya, berikut Adalah pengertian musik menurut para ahli, yang perlu kamu ketahui.

12 pengertian musik menurut para ahli

1. Banoe

Banoe di dalam Kamus Musik mengartikan seni musik sebagai cabang seni yang membahas, dan menetapkan bermacam melodi ke di dalam pola-pola yang bisa dimengerti dan dipahami, oleh manusia.

2. Sobirin

Sobirin mendefinisikan seni musik sebagai karya seni yang terbentuk dari gabungan unsur-unsur yang terdiri atas irama, suara, harmoni, bentuk struktur lagu dan aktualisasi diri, serta unsur yang paling penting yakni irama, nada, dan harmoni.

3. David Ewen

Dikutip dari Seni Budaya Sma/Ma/Smk/Mak Kelas XI Semester 1 oleh Sem Cornelyoes Bangun dkk., David Ewen berpendapat bahwa seni musik merupakan pengetahuan ilmu dan seni, tentang kombinasi ritmik  dari suara-suara, baik vokal maupun fragmental yang meliputi nada dan harmoni sebagai aktualisasi diri dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan, terutama aspek emosional.

3. Schopenhauer

Menurut Schopenhauer, seorang filsuf Jerman abad ke-19, seni musik adalah suara yang syairnya adalah alam semesta.

4. Koentjaraningrat

Koentjaraningrat didalam Pengantar Antropologi menyebutkan, musik merupakan bagian dari kesenian. Kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan manusia.

5. Jamalus

Menurut Jamalus, seni musik adalah sebuah hasil karya seni berupa bunyi, dalam bentuk lagu atau komposisi. Lagu atau komposisi itu mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik, yaitu irama, nada, harmoni, bentuk atau struktur lagu, dan juga aktualisasi diri sebagai sebuah kesatuan.

6. M. Soeharto

Menurut M. Soeharto dalam Kamus Musik, seni musik adalah pengungkapan gagasan lewat bunyi, yang unsur dasarnya berupa suara, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa gagasan, karakter, dan warna bunyi.

7. Alan P. Merriam

Alan P. Merriam menyebut music, sebagai sebuah lambang dari hal-hal yang berkenaan dengan ide-ide maupun perilaku sebuah masyarakat.

8. Hardjana

Menurut Hardjana, musik adalah permainan waktu dengan mengadopsi bunyi sebagai materinya. Musik adalah waktu di dalam bunyi. Di dalam musik, waktu adalah ruang, dan bunyi adalah substansinya. Di dalam ruang waktu itulah bunyi-bunyi bergerak.

9. Remy Sylado

Remy Sylado dalam Munuju Apresiasi Musik, mengartikan seni musik sebagai wujud waktu yang hidup, dan merupakan kumpulan delusi dan alunan melodi. Alunan musik yang memuat rangkaian suara yang berjiwa, akan bisa menggerakkan hati para pendengarnya.

10. Kamtini

Menurut Kamtini dalam Bermain Lewat Mobilitas dan Lagu, seni musik adalah bagian dari kehidupan dan pertumbuhan jiwa manusia.

11. Ade Prianto Nugroho

Menurut pendapat dari Ade Prianto Nugroho yang menjelaskan, bahwa Musik merupakan seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan di dalam bentuk suara, dan tanpa kita sadari suara-suara itu berperan dalam membentuk pribadi kita.

12. Merriam

Menurut pendapat dari Merriam, Musik yaitu sebuah lambang dari hal-hal yang ada kaitannya dengan ide dan aktivitas penduduk.

Itulah sedikit ulasan tentang Pengertian Musik Menurut Para Ahli yang bisa kita pahami, semoga artikel ini bisa menambah wawasan tentang music, dan semakin mencintai musik dalam negeri. Terimakasih.

Check Also

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli – Di era modern dan digital ini, hampir …