Perbedaan dan Persamaan Realme 3 dengan Oppo

Halo pembaca yang budiman, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan dan persamaan antara Realme 3 dengan Oppo. Kedua brand ini memang mempunyai hubungan yang sangat erat. Realme pada awalnya merupakan sub-brand dari Oppo, namun setelah beberapa waktu, Realme kemudian menjadi brand yang terpisah. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan dan persamaan dari kedua brand ini. Simak terus ya!

Perbedaan dan Persamaan Realme 3 dengan Oppo

Kesan Pertama Oppo dan Realme 3

Bagi penggemar teknologi smartphone, merasakan sensasi pertama kali menyentuh dan melihat secara langsung smartphone baru adalah suatu momen yang pasti sangat spesial. Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Oppo, dan Realme baru saja merilis produk terbarunya: Oppo A9 dan Realme 3.

Karasawa Hideyuki sebagai Chief Marketing Officer Realme Indonesia, mengatakan bahwa Realme 3 dirancang untuk lingkungan kota dengan harga terjangkau dan spesifikasi tinggi. Adapun Oppo A9 menargetkan pasar yang berharga lebih tinggi dengan spesifikasi tinggi juga.

Keduanya memang memiliki spesifikasi andalan masing-masing, tapi kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai kesan pertama setelah memegang Oppo dan Realme 3.

Oppo A9: Tampilan Garang dan Bold

Oppo A9 memiliki tampilan garang nan bold karena desainnya yang besar dan solid. Saat memegangnya, kita akan merasa Oppo A9 terasa berat. Namun, desain sanggup menjaga stabilitasnya. Bagian belakang smartphone ini memiliki gradasi warna yang memberikan kesan yang menarik. Selain itu, baterainya berkapasitas 5000mAh, yang disebutkan cukup tahan lama untuk penggunaan sehari-hari.

Selain itu, Oppo A9 juga memiliki layar dengan pelekuk tetesan air atau disebut dengan water drop screen sehingga tampilan layar lebih lega. Menariknya, desain notch ini berada di tengah layar, tidak seperti kebanyakan smartphone yang notch ada di sisi atas layar.

Secara keseluruhan, Oppo A9 terlihat solid dan elegan dengan desain yang unik. Tapi, ukurannya yang besar dan berat mungkin agak sulit dipegang jika dibandingkan dengan smartphone lain.

Realme 3: Tampilan Belakang Menawan dan Ergonomis

Selain itu, Realme 3 menawarkan tampilan belakang yang sangat menawan. Realme 3 memiliki gradasi warna yang menarik pada bagian belakangnya, memberikan kesan dinamis dan elegan. Desain belakangnya membentuk segitiga yang membuatnya kelihatan menarik dan menyenangkan untuk dilihat.

Selain menawarkan visual yang menarik, Realme 3 juga memiliki desain yang ergonomis. Meskipun memiliki layar 6,2 inci, tetapi smartphone ini tetap bisa digunakan dengan nyaman dan sangat pas di tangan. Realme 3 juga menghadirkan pengisian daya cepat yang memungkinkan baterainya terisi hampir sepenuhnya hanya dalam waktu 80 menit saja.

Secara keseluruhan, Realme 3 memberikan kesan pertama yang sangat menarik, khususnya pada bagian belakangnya. Desain ergonomisnya juga membuat Realme 3 salah satu pilihan yang baik bagi mereka yang mencari smartphone yang nyaman digunakan sehari-hari.

Itulah kesan pertama terhadap Oppo A9 dan Realme 3. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, dan sangatlah bergantung pada selera akan smartphone seperti apa yang diinginkan. Tapi, ini adalah awal yang bagus bagi para pengguna dan penggemar untuk mendapatkan penilaian awal mengenai kedua smartphone baru ini.

Kemampuan Kamera

Salah satu bagian yang perlu dilihat saat membeli Smartphone adalah kemampuan kamera yang dimiliki. Baik Realme 3 maupun Oppo, keduanya mampu memberikan kualitas gambar yang baik.

Namun, jika dilihat secara detail, Realme 3 memiliki resolusi kamera yang lebih tinggi dibandingkan dengan Oppo. Realme 3 memiliki kamera belakang ganda dengan resolusi 13MP dan 2MP serta kamera depan 13MP. Sedangkan Oppo memiliki kamera belakang ganda dengan resolusi 12MP dan 2MP serta kamera depan 8MP.

Meski begitu, Oppo memiliki teknologi kamera yang lebih unggul seperti AI Beauty 2.0 dan Ultra Night Mode. Teknologi AI Beauty 2.0 mampu mengenali jenis kulit, jenis kelamin, usia, dan warna rambut sehingga mampu memberikan hasil foto yang lebih cantik dan natural. Sedangkan Ultra Night Mode mampu mengambil foto yang lebih terang dan jernih meskipun dalam kondisi minim cahaya.

Jadi, jika Anda lebih memperhatikan resolusi kamera, maka Realme 3 menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin hasil foto yang lebih cantik dan natural dengan teknologi tinggi, maka Oppo menjadi pilihan yang tepat.

Kinerja dan Performa

Kinerja Oppo cukup cepat dan dapat mengatasi multitasking dengan baik. Smartphone ini didukung oleh chipset Helio P60 yang dapat membantu dalam menjalankan aplikasi berat dengan mudah. Dengan RAM berkapasitas 4 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB, pengguna Oppo dapat menyimpan banyak data tanpa takut kehabisan ruang.

Sementara itu, Realme 3 juga dijalankan oleh chipset Helio P60 seperti Oppo. Namun, Realme 3 memiliki kelebihan dalam daya tahan baterai. Dengan kapasitas baterai sebesar 4230 mAh, Realme 3 dapat bertahan hingga 1-2 hari dengan pemakaian normal. Pengguna Realme 3 juga dapat menghemat daya baterai dengan fitur AI Power Master yang dapat menyesuaikan konsumsi daya sesuai dengan penggunaan smartphone.

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki layar 6.2 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Namun, Oppo memiliki keunggulan dalam hal desain layar. Dengan desain layar waterdrop, Oppo memiliki rasio layar-ke-tubuh yang lebih tinggi dibanding Realme 3. Sementara itu, Realme 3 memiliki desain layar tetesan air yang memberikan tampilan elegan pada smartphone.

Harga dan Pasar Sasaran

Realme 3 ditujukan untuk konsumen yang mencari smartphone dengan fitur yang menonjol dengan harga yang terjangkau. Hal ini dibuktikan dengan harga yang lebih rendah dibandingkan saudaranya, Oppo. Realme 3 sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P60 dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Selain itu, layar Realme 3 juga cukup besar yakni 6,2 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel.

Sedangkan Oppo lebih menargetkan pasar premium dengan harga yang lebih tinggi. Oppo menawarkan berbagai fitur canggih dan tampilan yang lebih elegan pada setiap produknya. Salah satu produk flagship dari Oppo adalah Oppo Reno. Di dalamnya sudah dilengkapi chipset Snapdragon 855 dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal 256GB. Layarnya yang cukup besar dan tajam membuat tampilan lebih memukau dengan resolusi 1080 x 2340 piksel pada layar 6,6 inci.

Namun, baik Realme 3 maupun Oppo mempunyai segmen pasar masing-masing. Realme 3 menargetkan pasar kelas menengah ke bawah yang menginginkan smartphone dengan harga terjangkau namun tetap mendapat fitur- fitur menarik. Sedangkan, Oppo menargetkan pasar premium yang menginginkan smartphone dengan fitur canggih dan tampilan elegan.

Meskipun harga dan pasar sasarannya berbeda, Realme 3 dan Oppo tetap memiliki hubungan yang erat. Kedua perusahaan bernaung di bawah grup yang sama yakni BBK Electronics. Meskipun begitu, keduanya tetap berkompetisi dengan produknya masing-masing.

Spesifikasi

Realme 3 dan Oppo memiliki spesifikasi yang hampir sama, keduanya dilengkapi dengan layar 6,2 inci dengan resolusi yang sama, namun Realme 3 memiliki desain layar yang lebih modern dengan notch waterdrop yang memuat kamera selfie. Perbedaan signifikan terletak pada chipset yang digunakan, Realme 3 menggunakan chipset Mediatek Helio P60 sementara Oppo menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450. Dalam hal kapasitas baterai, Realme 3 unggul dengan kapasitas baterai 4230 mAh sedangkan Oppo hanya memiliki kapasitas baterai 4000 mAh.

Kamera

Kamera menjadi faktor penting bagi pengguna dalam memilih smartphone. Realme 3 memiliki kamera utama ganda 13MP + 2MP dan kamera selfie 13MP. Oppo juga memiliki kamera utama ganda 13MP + 2MP namun kamera selfie-nya memiliki kelebihan dengan resolusi 25MP. Anda dapat memilih smartphone mana yang lebih cocok tergantung pada kebutuhan kamera Anda.

Performa dan Memori

Realme 3 dilengkapi dengan 4GB RAM dan 64GB ROM atau 3GB RAM dan 32GB ROM, sedangkan Oppo memiliki memori 4GB RAM dan 64GB ROM atau 3GB RAM dan 32GB ROM. Perbedaan signifikan terletak pada chipset yang digunakan. Snapdragon 450 yang digunakan oleh Oppo memiliki performa yang lebih baik dalam hal daya pemrosesan dibandingkan dengan Mediatek Helio P60 yang digunakan oleh Realme 3. Jika Anda memerlukan smartphone dengan performa yang lebih tinggi, Oppo bisa menjadi opsi yang lebih baik untuk Anda.

Fitur dan Harga

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Realme 3 menjadi pilihan yang lebih cocok untuk pengguna yang mencari fitur unggul dengan harga yang terjangkau. Realme 3 dilengkapi fitur yang lebih unggul seperti baterai yang lebih besar dan desain layar yang lebih modern. Harga untuk Realme 3 sekitar Rp 2 jutaan. Sedangkan Oppo memiliki teknologi yang lebih canggih dalam hal kamera selfie, namun harganya mencapai Rp 3 jutaan. Jika Anda mencari smartphone dengan fitur kamera yang lebih unggul, Oppo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan spesifikasi, kamera, performa dan harga, Realme 3 dan Oppo memiliki kelebihan masing-masing tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing pengguna. Realme 3 menjadi pilihan yang lebih cocok untuk pengguna yang mencari fitur unggul dengan harga yang terjangkau, sedangkan Oppo cocok untuk pengguna yang memerlukan performa dan kamera yang lebih unggul.

Check Also

Rumus Barisan Geometri: Cara Mudah Mencari Suku-Suku Berikutnya

Selamat datang pembaca setia! Kali ini, kami akan membahas rumus barisan geometri dan cara mudah …