...

Cara Membuat Pembagian pada Excel

Selamat datang para pembaca setia! Kali ini kita akan membahas cara yang mudah dan praktis untuk melakukan pembagian pada Microsoft Excel. Apakah kamu sering kebingungan ketika harus membagi angka di dalam Excel? Tenang saja, dengan sedikit trik dan kiat yang kami berikan, kamu bisa melakukan pembagian dengan cepat dan efisien. Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut ya!

Cara Membuat Pembagian pada Excel

Cara Melakukan Pembagian Menggunakan Fungsi di Excel

Bagi sebagian besar orang, menghitung hasil pembagian bisa menjadi hal yang rumit dan memakan waktu. Tentunya, dengan adanya Excel, proses perhitungan tersebut menjadi lebih mudah dan praktis. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pembagian dalam Excel adalah dengan menulis fungsi “DIVIDE” di dalam rumus.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka dokumen Excel yang akan digunakan untuk melakukan pembagian. Kemudian, pilihlah sel atau kolom tempat hasil pembagian akan ditampilkan. Setelah itu, ketikkan rumus pembagian dengan menulis tanda “=” diikuti dengan angka yang akan dibagi, tanda “/” dan angka yang akan menjadi pembagi, seperti contoh berikut:

= 20 / 5

Setelah rumus pembagian tersebut dituliskan, tekan tombol enter pada keyboard untuk menjalankan rumus tersebut. Hasilnya akan ditampilkan pada sel atau kolom yang telah dipilih sebelumnya. Namun, cara tersebut hanya dapat digunakan untuk melakukan pembagian pada beberapa angka saja.

Jika ingin melakukan pembagian pada banyak angka sekaligus, maka fungsi DIVIDE bisa menjadi solusi yang tepat. Fungsi ini juga sangat berguna jika terdapat kemungkinan terjadi kesalahan dalam pembagian menggunakan rumus manual. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilihlah sel atau kolom tempat hasil pembagian akan ditampilkan
  2. Ketikkan tanda sama dengan “=” pada sel tersebut
  3. Masukkan formula DIVIDE, yakni “DIVIDE(numerator, denominator)”, diikuti dengan angka yang akan dibagi sebagai “numerator” dan angka yang akan menjadi pembagi sebagai “denominator”
  4. Tekan tombol enter pada keyboard untuk menjalankan rumus tersebut

Contohnya, jika kita ingin melakukan pembagian antara angka 40 dan 8, maka formula DIVIDE-nya adalah:

= DIVIDE(40, 8)

Hasilnya akan langsung ditampilkan pada sel yang telah dipilih sebelumnya. Tidak perlu lagi melakukan penghitungan manual dan kesalahan pada pembagian dapat dihindari dengan mudah.

Selain menggunakan rumus dan fungsi, terdapat juga cara lain untuk melakukan pembagian dalam Excel, yakni dengan menggunakan fitur “Fill Handle”. Cara ini sangat berguna jika ingin melakukan pembagian angka secara berturut-turut pada kolom yang sama. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah kolom tempat angka akan diisi
  2. Ketikkan angka pertama pada sel pertama kolom tersebut
  3. Arahkan kursor mouse pada sudut kanan bawah sel yang diisi
  4. Drag sel tersebut ke bawah sampai kolom yang diinginkan terisi semua
  5. Excel akan secara otomatis menampilkan hasil pembagian pada setiap sel dengan cara mengikuti pola pembagian yang telah ditentukan. Contohnya, jika angka pertama adalah 10 dan pola pembagian adalah 2, maka hasilnya akan otomatis menampilkan angka 5 pada sel kedua, angka 7 pada sel ketiga, dan seterusnya.

Dengan cara tersebut, proses pembagian angka secara berturut-turut menjadi lebih mudah dan cepat tanpa perlu menuliskan rumus atau fungsi secara manual.

Kesalahan yang Sering Terjadi saat Melakukan Pembagian di Excel

Saat bekerja dengan lembar kerja Excel, sering kali kita perlu melakukan pembagian dalam sel. Namun, terdapat kesalahan umum yang sering terjadi saat melakukan pembagian di Excel yang perlu diwaspadai agar tidak merusak penghitungan kita.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah pembagian dengan angka nol. Saat kita membagi sebuah angka dengan angka nol, maka akan muncul pesan error “#DIV/0!”. Hal ini terjadi karena tidak mungkin membagi suatu angka dengan nol, sehingga Excel tidak dapat menampilkan hasil pembagian.

Untuk menghindari kesalahan ini, sebaiknya kita memeriksa terlebih dahulu apakah angka yang akan digunakan sebagai pembagi adalah nol atau tidak. Jika iya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari kesalahan ini.

Cara Menghindari Kesalahan Pembagian dengan Angka Nol di Excel

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari kesalahan pembagian dengan angka nol di Excel:

  1. Pastikan Angka Pembagi Bukan Nol
  2. Sebelum melakukan pembagian, pastikan terlebih dahulu bahwa angka pembagi tidak sama dengan nol. Jika angka pembagi sama dengan nol, maka kita dapat mengganti angka pembagi dengan angka kecil seperti 0,001 atau sejenisnya. Namun, perlu diingat bahwa hal ini dapat berdampak pada hasil penghitungan selanjutnya.

  3. Gunakan Rumus IFERROR()
  4. Jika kita ingin menghindari pesan error yang muncul saat terjadi pembagian dengan angka nol, kita dapat menggunakan rumus IFERROR(). Rumus ini akan menampilkan angka nol atau hasil pembagian tanpa harus menampilkan pesan error. Berikut adalah contoh penggunaan rumus IFERROR():
    =IFERROR(angka1/angka2,0)

  5. Gunakan Syarat IF()
  6. Selain menggunakan rumus IFERROR(), kita juga dapat menggunakan syarat IF(). Syarat ini akan menampilkan hasil pembagian jika angka pembagi tidak sama dengan nol, dan menampilkan pesan kosong jika angka pembagi sama dengan nol. Berikut adalah contoh penggunaan syarat IF():
    =IF(angka2=0,””,angka1/angka2)

Dengan menghindari kesalahan pembagian dengan angka nol di Excel, kita dapat memperoleh hasil penghitungan yang akurat dan terhindar dari kesalahan penghitungan. Selain itu, cara-cara ini juga dapat menjadi solusi yang efektif saat terjadi kesalahan pembagian dengan angka nol.