Pengertian Bisnis menurut Para Ahli beserta Tujuan dan Fungsinya

Pengertian Bisnis menurut Para Ahli beserta Tujuan dan Fungsinya

Pengertian Bisnis menurut Para Ahli beserta Tujuan dan Fungsinya – Untuk terjun ke dalam dunia bisnis, Kamu pasti juga memerlukan bekal ilmu berkaitan tentang bisnis, jenis-jenisnya, dan tujuan menjalankannya. Agar kamu  lebih paham tentang pengertian bisnis beserta tujuan dan fungsinya, maka penulis akan memberikan pengertian bisnis menurut para ahli, beserta tujuan dan fungsinya:

Pengertian Bisnis menurut Para Ahli beserta Tujuan dan Fungsinya

Grififin dan Ebert (2007)

Bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapat keuntungan.

Prof. Owen

Bisnis adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan produksi, dan distribusi barang-barang untuk dijual ke pasaran, ataupun memberikan harga pada tiap-tiap jasanya.

Hopper

Bisnis adalah segala kompleksitas yang ada pada beragam bidang, seperti penjualan (Commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankan, ansuransi, transportasi, dan seterusnya, yang sesudah itu melayani dan memasuki secara utuh (Which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara seluruhnya.

Merriam Webster

Bisnis adalah suatu aktivitas pembuatan, pembelian atau penjualan barang dan jasa, yang kemudian dipertukarkan dengan uang, kerja atau aktivitas yang merupakan bagian dari pekerjaan.

Steinford ( 1979)

Business is an institution which produces and services demanded by people. Artinya, bisnis ialah sebuah forum yang menghasilkan barang dan jasa, yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, forum bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk mencukupi keperluan itu, sambil mendapat keuntungan.

Menurut Businessdictionary

Bisnis adalah suatu organisasi atau sistema ekonomi, di mana barang dan jasa dipertukarkan menjadi bentuk lain atau dalam bentuk uang. Tiap tiap bisnis, membutuhkan investasi dan pelanggan yang cukup untuk menjual keluarannya pada kuantitas  untuk menghasilkan keuntungan. Bisnis bisa dimiliki secara pribadi, tapi tidak untuk keuntungan pribadi.

Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis yang paling utama adalah untuk mendapatkan keuntungan. Tujuan bisnis ini didapat dengan cara memproduksi barang dan juga jasa, yang dibutuhkan oleh konsumen. Apa pun jenisnya, tujuan bisnis biasanya terus akan berorientasi pada profit. Tetapi, bukan berarti bisnis tidak miliki tujuan lain. Berikut beberapa tujuan bisnis lainnya:

Menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

Menaikkan kesejahteraan pemilik bisnis, dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat umum.

Menaikkan perkembangan ekonomi masyarakat secara umum.

Memperlihatkan martabat dan kinerja.

Memperlihatkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.

Sedangkan menurut Sternberg, tujuan bisnis adalah melipatgandakan nilai-nilai hemat, atau keuntungan pemilik perusahaan lewat penjualan barang atau jasa. Sederhanya, tujuan bisnis adalah melipatgandakan laba pemilik bisnis, dengan penjualan barang atau jasa.

Fungsi Bisnis

Seluruh aktivitas bisnis mempunyai fungsi untuk membuat sesuatu, yang awalnya tidak cukup bernilai jadi sesuatu yang memiliki nilai. Nantinya, hal ini bisa mencukupi keperluan masyarakat sehabis diolah. Berikut beberapa fungsi bisnis yang harus diketahui:

– Manfaat Bentuk (Form Utility), yaitu kegunaan produksi di mana suatu bisnis menghasilkan sebuah barang atau jasa yang dibutuhkan rakyat. Contoh: perusahaan furniture, perusahaan jasa keuangan.

– Fungsi Daerah (Place Utility), yaitu kegunaan distribusi di mana suatu bisnis menyalurkan sebuah barang atau jasa ke lokasi terdekat yang sanggup dijangkau konsumen.

– Fungsi Pemilikan (Possessive Utility), yaitu kegunaan penjualan didalam bisnis.

– Fungsi Sementara (Time Utility), yaitu kegunaan penyimpanan dan pemasaran didalam bisnis, di mana barang pada saat itu, tidak cukup berguna untuk dikeluarkan pada saat barang itu lebih berfungsi.

Dan itulah sedikit penjelasan tentang bisnis. Semoga informasinya bermanfaat!

Check Also

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli – Di era modern dan digital ini, hampir …