Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli, Beserta Cara dan Fungsinya

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli, Beserta Cara dan Fungsinya

Pengertian motivasi menurut para ahli, Beserta Cara dan Fungsinya – Arti motivasi juga bisa diartikan sebagai usaha yang bisa membuat seseorang, atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan  sesuatu karena ingin mencapai tujuan, yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya. Jenis motivasi pun beragam. Mempelajari seluk beluk motivasi akan mendatangkan manfaat tersendiri bagi diri manusia. Apalagi belajar tentang pengertian motivasi menurut para ahli.

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa penjelasan tentang motivasi, termasuk pengertian motivasi menurut para ahli, penasaran? Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Pengertian motivasi menurut para ahli, Beserta Cara dan Fungsinya

  1. Menurut Henry Simamora, motivasi adalah suatu manfaat dari pengharapan individu, bahwa suatu upaya akan menghasilkan taraf kinerja, yang ada gilirannya akan membuahkan imbalan atau hasil yang dikehendaki.
  2. Menurut Abraham Maslow motivasi adalah sesuatu yang bersifat terus menerus, tidak pernah berakhir, berfluktuasi dan bersifat kompleks, dan hal itu kebanyakan merupakan ciri universal pada tiap tiap aktivitas organisme.
  3. Victor H. Vroom berpendapat bahwa motivasi ialah suatu akibat dari sebuah hasil, yang ingin diraih atau dicapai oleh seseorang, dan suatu estimasi bahwa apa yang dilakukannya akan mengarah pada hasil yang diinginkannya.

 

  1. Pengertian motivasi menurut Robbins dan Judge adalah sebuah proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan individu sehingga bisa mencapai tujuannya.
  2. A.W Bernard berpendapat bahwa motivasi adalah kenyataan yang dilibatkan dalam perangsangan tindakan kearah tujuan khusus, yang sebelumnya kecil atau tidak ada gerakan kearah tujuan-tujuan tertentu. Motivasi merupakan usaha memperbesar atau mengadakan gerakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Cara untuk Meningkat Motivasi

Bagi manusia, menambah motivasi tak hanya dengan tahu pengertiannya saja. Sesudah mengetahui apa arti motivasi, akhirnya kamu harus menerapkan beberapa langkah untuk mewujudkannya. Kamu bisa memperhatikan penjelasan berikut ini.

1. Jangan Selalu Menjadikan Imbalan Sebagai Patokan

Imbalan atau reward memang bisa menjadi pemicu motivasi paling efektif. Tetapi, hal itu tak mampu dijadikan kunci berasal dari tiap tiap motivasi kamu. Tak sekedar itu, ketergantungan terhadap imbalan akan mengakibatkan kamu sulit berkembang.

2. Coba untuk Menantang Diri Sendiri

Terkadang, mengulang hal-hal ringan dan udah kamu kuasai jadi hal yang membosankan. Pada saat itu, kamu wajib untuk mencoba buat tantangan. Keluar dari zona nyaman dan temukan motivasi baru untuk mendapat pengalaman yang lebih mengasyikkan.

3. Keberhasilan Jangan hanya Dibayangkan

Membayangkan keberhasilan memang jadi hal yang menggembirakan. Tapi, berdasarkan penelitian, para ahli tunjukkan bahwa membayangkan keberhasilan amat segudang mampu menghasilkan pencapaian yang buruk.

Hal itu disebabkan oleh daya yang tercurah terhadap bayangan itu sangat berlimpah. Kamu mesti mengalokasikan tenaga untuk menyusun taktik dan memperoleh mimpi.

4. Jangan Terpaku pada Hasil, Namun Fokus Juga pada Proses

Menyimak hasil sebagai bentuk penilaian merupakan hal bagus. Sayangnya, terkadang hal ini justru membawa dampak pemikiran menjadi sempit. Kamu mesti berkembang untuk konsisten menemukan cara baru supaya konvoi tak terbatas oleh ketakutan akan kegagalan.

Manfaat Motivasi

Sesudah tahu arti motivasi beserta cara untuk menumbuhkannya, kamu juga harus tahu manfaat motivasi. Hal itu bisa membantu kamu berkembang dengan memahami dan memaksimalkan motivasi yang dimiliki.

  1. Motivasi akan mengarahkan kamu pada pencapaian yang diinginkan
  2. Penentu arah perbuatan kamu untuk menyusun taktik.
  3. Menyeleksi perbuatan tertentu untuk mencapai hasil yang diharapkan, dan meninggalkan perbuatan yang tidak penting.
  4. Motivasi berfungsi sebagai dorongan atau semangat pada bawahannya.
  5. Motivasi bisa menjadi penentu cepat lambatnya sebuah pekerjaan.

Itulah penjelasan tentang arti motivasi, manfaat, beserta cara untuk menumbuhkannya. Semoga bermanfaat!

Check Also

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli – Di era modern dan digital ini, hampir …