Pengertian Wiraswasta: Unsur, Ciri-ciri dan Beserta Contohnya Bahas Lengkap

Pengertian Wiraswasta: Unsur, Ciri-ciri dan Beserta Contohnya Bahas Lengkap

Pengertian Wiraswasta: Unsur, Ciri-ciri dan Beserta Contohnya Bahas Lengkap – Apa yang dimaksud dengan wiraswasta? Kali ini infokemendikbud.com akan menjelaskan tentang pengertian wiraswasta, unsur-unsur wiraswasta, ciri-ciri wiraswasta dan contoh usaha wiraswasta. Simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Wiraswasta: Unsur, Ciri-ciri dan Beserta Contohnya Bahas Lengkap

Pengertian Wiraswasta

Istilah Wiraswasta sering sekali kita dengar ataupun dikatakan didalam dunia usaha, sering kali dipakai untuk salah satu atau sebagian profesi seseorang. Wirausaha merupakan kata lain dari wiraswasta yang pada dasarnya memiliki arti yang sama. Kita juga sebenarnya sudah dapat menyimpilkan arti dari kedua istilah tersebut hanya dengan mendengarnya, karena istilah ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan umum.

Wiraswasta adalah penggabungan dari dua kata yaitu “wira” dan “swasta”. jika diartikan Wira adalah berani, sedangkan swasta artinya adalah berdiri sendiri. Jadi wiraswasta mengandung arti yaitu yang mendirikan usaha sendiri dalam dunia usaha atau bisnis. Seseorang yang menjadi wiraswasta inilah yang sering atau biasa disebut dengan seorang enterpreneur atau pengusaha.

Apapun jenis usaha atau pekerjaannya serta tidak memperdulikan seberapa banyak modal yang akan dikeluarkan untuk mendirikannya, asalkan berdiri sendiri itu layak disebut dengan wiraswasta.

Wiraswasta adalah suatu profesi yang banyak sekali orang inginkan, dikarenakan usaha atau pekerjaan ini relatif banyak mempunyai kelebihan dibandingkan dengan profesi yang lain. Salah satunya didalam hal ini bisa lebih santai atau fleksibel mengatur waktu untuk menjalankannya. walaupun begitu hasil yang bisa kita dapat tentunya akan sangat bergantung terhadap seberapa besar atau banyaknya kerja keras kita sebagai seorang pengusaha itu sendiri.

Berwiraswasta bisa menjadi salah satu solusi atau jalan keluar disaat sangat terbatasnya atau minimnya lapangan pekerjaan saat sekarang ini. Tentunya dengan memilih profesi sebagai wiraswasta ini kita menjadi bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain yang membutuhkan, oleh sebab itu tidaklah heran pemerintahan pun juga sangat mendukung untuk menumbuhkan enterpreneur atau pengusaha-pengusaha baru di berbagai wilayah agar dapat meningkatkan nilai perekonomian.

Unsur-unsur Wiraswasta

  • Unsur pengetahuan, yaitu mencirikan tingkat penalaran yang dimiliki oleh seseorang. Biasanya unsur pengetahuan banyak ditentukan oleh tingkat pendidikan orang yang bersangkutan.
  • Unsur keterampilan, pada umumnya didapatkan melalui latihan atau pengalaman kerja nyata. Biasanya wiraswastawan yang dilengkapi dengan keterampilan yang tinggi, akan memiliki tingkat keberhasilan yang relatif tinggi pula.
  • Unsur kewaspadaan, merupakan paduan antara unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi keadaan yang akan terjadi ataupun yang akan datang. Kewaspadaan berhubungan dengan pemikiran atau rencana tindakan untuk menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi atau diduga yang akan dialami.

Ciri-ciri Wiraswasta

  • Memiliki dan Memahami Passion

Setiap wiraswasta pasti memiliki passion di dalam dirinya. Mereka memahami passion tersebut dan dapat memanfaatkannya menjadi ladang bisnis bagi mereka. Bisnis yang dibangun berdasarkan passion pada umumnya lebih mudah berkembang dan bisa bertahan lama.

  • Bersikap Positif dan Percaya Diri

Seorang wiraswasta tidak mau mengandalkan orang lain sehingga mereka seringkali melakukan banyak pekerjaan seorang diri. Hal ini membuat mereka lebih percaya diri dan punya sikap positif dalam bekerja.

  • Memiliki Dedikasi dan Disiplin

Wiraswasta sangat identik dengan dedikasi dan juga disiplin dalam bekerja. Faktanya, semua wiraswasta yang sukses selalu memiliki dedikasi tinggi dan disiplin kerja yang sangat baik.

  • Bertanggungjawab dan Berani Mengambil Risiko

Menjadi seorang Wiraswasta harus memiliki tanggungjawab dan berani mengambil risiko. Tanpa kedua hal ini seorang wiraswasta tidak mungkin bisa mengembangkan usaha yang dijalankan.

  • Mudah Beradaptasi dan Fleksibel

Wiraswasta sering dihadapkan dengan risiko dan selalu memiliki ide-ide dalam menyelesaikan masalahnya. Hal tersebut membuat mereka menjadi lebih mudah beradaptasi dengan segala situasi dan lebih fleksibel.

  • Memiliki Rencana

Seorang wiraswasta selalu dituntut dapat bertindak dengan cepat dan tepat. Namun, tentu saja tindakan tersebut harus disertai dengan adanya rencana yang efektif. Itulah sebabnya mereka selalu memiliki rencana dalam menjalankan suatu usaha, baik rencana jangka panjang maupun rencana jangka pendek.

Contoh Wiraswasta

  • Menjual Jasa

Ada beberapa jenis jasa yang banyak dicari oleh konsumen, baik secara online maupun offline. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha jasa yang banyak ditawarkan oleh pelaku wiraswasta:

  1. Jasa laundry
  2. Jasa mencuci mobil/ motor
  3. Jasa menulis artikel
  4. Jasa membuat video
  5. Jasa edit gambar
  • Menjual Barang

Para pelaku wiraswasta umumnya melakukan kegiatan berniaga atau menjual suatu barang tertentu kepada konsumen. Beberapa contoh usaha niaga diantaranya:

  1. Menjual produk makanan
  2. Menjual produk suplemen
  3. Menjual produk meubel
  4. Menjual produk kebutuhan rumah tangga
  5. Dan lain-lain

Demikian penjelasan tentang Pengertian Wiraswasta: Unsur, Ciri-ciri dan Beserta Contohnya Bahas Lengkap. Apabila artikel ini bermanfaat tolong bantu share ke media social kamu. Semoga menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih

Check Also

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

9 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli – Di era modern dan digital ini, hampir …